DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN EJS (Easy Java Simulations) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 9 MATARAM TAHUN PEJARAN 2009 / 2010

SURYANINGSIH, SURYANINGSIH (2010) DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN EJS (Easy Java Simulations) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 9 MATARAM TAHUN PEJARAN 2009 / 2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Slideshow
persentasi ning.ppt
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian dengan tujuan untuk mendesain media (simulasi) pembelajaran fisika dengan menggunakan EJS (Easy Java Simulations) dan mengetahui respon siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram terhadap penggunaan desain media pembelajaran fisika tersebut. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Mataram, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling sehingga diperoleh kelas VIII-F sebagai kelas perlakuan. Media pembelajaran fisika menggunakan EJS (Easy Java Simulations) didesain dalam pokok bahasan gerak meliputi: standar kompetensi, materi, soal, author. Materi media pembelajaran ini berisi tentang pengertian gerak, gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran fisika menggunakan EJS (Easy Java Simulations) dan soal latihan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data hasil sebaran angket respon siswa dianalisis dengan menggunakan pedoman konversi skala lima, dari analisis data diperoleh respon siswa sebesar 79,41 % dengan kategori sangat baik. Dan hasil belajara siswa diperoleh nilai rerata sebesar 66,95.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran Fisika, EJS (Easy Java Simulations), Hasil Belajar Siswa
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:33
Last Modified: 05 Jul 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5040

Actions (login required)

View Item View Item