DESAIN MEDIA VIRTUAL LABORATORY PEMBELAJARAN SAINS (FISIKA) UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI TERKAIT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs. MU’ALLIMIN NW KELAYU PADA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

HUSNIATY, HUSNIATY (2010) DESAIN MEDIA VIRTUAL LABORATORY PEMBELAJARAN SAINS (FISIKA) UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI TERKAIT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs. MU’ALLIMIN NW KELAYU PADA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini adalah termasuk dalam penelitian eksperimen, dengan tujuan untuk mendesain sebuah media pembelajaran Virtual Lab. yang berbasis pada komputer, mengetahui pengaruh media Virtual Lab. terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, mengetahui pengaruh media Virtual Lab. Terhadap hasil belajar siswa serta untuk mengetahui hubungan motivasi dengan hasil belajar siswa khususnya siswa kelas VII MTs. Mu’allimin NW kelayu. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas VII MTs. Mu’allimin NW Kelayu. Adapun karena jumlah siswa di sekolah tersebut sebanyak 31 orang atau kurang dari 100, maka populasi dari penelitian tersebut secara otomatis menjadi sampel dalam penelitian ini. Media ini sendiri didesain untuk materi Wujud Zat dan Perubahannya. Hasil penelitian diambil dari hasil sebaran angket motivasi belajar siswa terhadap penggunaan media Virtual Lab. dalam pembelajaran. Setelah dilakukan analisis data hasil sebaran angket dengan menggunakan konversi skala lima, didapatkan hasil yaitu : sebesar 74,82% yang berada dalam kategori baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa motivasi belajar siswa setelah menggunakan media Virtual Lab. ini adalah baik, dan berdasarkan hasil analisis data hubungan antara motivasi dengan hasil belajar siswa, menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dengan hasil r hitung adalah 0.49 lebih besar dari r tabel yaitu 0,374. Dapat disimpulkan bahwa media Vitual Lab. ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan motivasi belajar inipula mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VII di MTs. Mu’allimin NW Kelayu pada tahun pelajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media pembelajaran, Virtual Laboratory, Motivasi Belajar, Hasil belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:33
Last Modified: 05 Jul 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5041

Actions (login required)

View Item View Item