PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI MELALUI TEKNIK TURNAMEN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA DI SMAN 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

I HAMDANI, ZULKIPL (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI MELALUI TEKNIK TURNAMEN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA DI SMAN 1 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan prestasi belajar fisika siswa melalui penerapan metode pembelajaran diskusi melalui teknik turnamen belajar. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Dari hasil penelitian metode pembelajaran diskusi melalui teknik turnamen belajar yang diterapkan meliputi enam tahap kegiatan yaitu tahap pembentukan tim, pembagian materi diskusi, pengumpulan hasil diskusi, presentasi hasil diskusi (tahap turnamen), penentuan tim terbaik, dan penghargaan tim. Secara kuantitas diperoleh ketuntasan klasikal pada siklus I=60,52% dengan nilai rata-rata kelas 1= 59,47, pada siklus II=76,31% dengan nilai rata-rata kelas 2=66,7, pada siklus III= 87,17% dengan nilai rata-rata kelas 3=67,95, sedangkan persentase rata-rata hasil observasi terhadap pelaksanaan tindakan pada siklus I sebesar 80% yang termasuk kriteria cukup baik, pada siklus II sebesar 90% yang termasuk kriteria baik, dan pada siklus III sebesar 93% yang termasuk kriteria sangat baik. Bila dibandingkan dengan kriteria prestasi belajar siswa dengan standar Ketuntasan Klasikal ≥ 85% dan Kriteria Ketuntasan Minimal 60 hasil ini lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran diskusi melalui teknik turnamen belajar dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa pada pokok bahasan Momentum, Impuls, Tumbukan dan Usaha-Energi pada siswa kelas XI IPA-1 di SMAN 1 Lingsar tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Diskusi, Turnamen Belajar , Prestasi Belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:32
Last Modified: 05 Jul 2018 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5045

Actions (login required)

View Item View Item