EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF MENGGUNAKAN TEKNIK PEMECAHAN MASALAH KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BATUKLIANG TAHUN AJARAN 2010/2011

ERNITA, NEVI (2010) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF MENGGUNAKAN TEKNIK PEMECAHAN MASALAH KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BATUKLIANG TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran yaitu pemilihan metode atau teknik pembelajaran yang digunakan oleh guru. Kegiatan pembelajaran lebih banyak bersifat teacher centered, sehingga kurang bermaknanya pembelajaran bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran partisipatif menggunakan teknik pemecahan masalah kritis terhadap prestasi belajar fisika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Batukliang tahun ajaran 2010/2011 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil uji homogenitas data dari kedua sampel diperoleh Fhitung < F tabel yaitu 1,001 < 1,865 sehingga kedua sampel homogen. Uji normalitas data dari kedua kelas diperoleh nilai χ2hitung< χ2tabel pada taraf kepercayaan 95% yaitu pada kelas eksperimen didapatkan χ2hitung = 3,4127 dan χ2tabel = 11,070 dan pada kelas kontrol didapatkan χ2hitung = 9,2158 dan χ2tabel = 11,070, sehingga data terdistribusi normal. Data prestasi siswa dianalisis menggunakan uji-t polled varians. Setelah dianalisis menggunakan uji-t, didapatkan nilai thitung 2,315 dan ttabel pada taraf kepercayaan 95% sebesar 1,675 (thitung > ttabel) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran partisipatif menggunakan teknik pemecahan masalah kritis efektif terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batukliang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Efektivitas, model pembelajaran partisipatif, teknik pemecahan masalah kritis, prestasi belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:32
Last Modified: 05 Jul 2018 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5047

Actions (login required)

View Item View Item