PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIIIE SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

MF, YATNI SULFA DEWI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIIIE SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
BAB II.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (11MB)
[img] Text
BAB V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal serta wawancara dengan guru bidang studi IPA fisika kelas VIII E di SMP Negeri 12 Mataram, hal yang menjadi pemicu rendahnya prestasi belajar IPA fisika siswa adalah pembelajaran lebih banyak didominasi oleh guru dan siswa yang pintar saja serta siswa juga cenderung individual dan kurang aktif, ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa hanya 56,47% dengan KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 64. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar IPA Fisika siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Mataram tahun ajaran 2009/2010 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan metode eksperimen. Data prestasi belajar diperoleh dari hasil tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus pembelajaran. Penelitian tindakan ini berlangsung selama dua siklus. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 68,16 dengan persentase ketuntasan 71,05% dan meningkat menjadi 71,97 dengan persentase ketuntasan 89,47% pada siklus II. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran kooperatif, tipe STAD, metode eksperimen, prestasi belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:31
Last Modified: 05 Jul 2018 01:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5058

Actions (login required)

View Item View Item