PENERAPAN STRATEGI PENGELOLAAN MOTIVASIONAL ARCS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII MTs DARUL QUR’AN BENGKEL TAHUN AJARAN 2009/2010

HIDAYAH, YULIATI NURUL (2011) PENERAPAN STRATEGI PENGELOLAAN MOTIVASIONAL ARCS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII MTs DARUL QUR’AN BENGKEL TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV&V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pengelolaan motivasional ARCS untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VII A MTs Darul Qur’an Bengkel tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data motivasi belajar fisika siswa, data hasil belajar fisika siswa dan data aktivitas guru dan siswa selama KBM berlangsung. Data motivasi belajar fisika siswa diperoleh dengan cara pengisian angket oleh siswa yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan, data hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil evaluasi akhir setiap siklus, dan data aktivitas guru dan siswa diperoleh dari hasil observasi selama pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan motivasi belajar fisika siswa yaitu data motivasi siswa sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rerata kriteria positif sebesar 2,34 (kurang baik) dan rerata kriteria negatif sebesar 2,32 (kurang baik) kemudian setelah pelaksanaan tindakan diperoleh rerata kriteria positif sebesar 4,075 (baik) dan rerata kriteria negatif sebesar 3,57 (baik). Penelitian ini juga menunjukkan peningkatan hasil dan aktivitas belajar fisika siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 63,29 dengan ketuntasan klasikal 55,56%, skor rata-rata aktivitas belajar fisika siswa 17,25 yang berada pada kategori cukup aktif, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 67,29 dengan ketuntasan klasikal 74,07 %, skor rata-rata aktivitas belajar fisika siswa 20,50 yang berada pada kategori aktif, dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata kelas 72,89 dengan ketuntasan klasikal 85,19 %, dan skor rata-rata aktivitas belajar fisika siswa 22,25 yang berada pada kategori aktif, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pengelolaan motivasional ARCS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VII A MTs Darul Qur’an Bengkel tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi pengelolaan motivasional ARCS, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:31
Last Modified: 05 Jul 2018 01:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5062

Actions (login required)

View Item View Item