ANALISIS PRAGMATIS CERITA RAKYAT SUKU SASAK CUPAK GERANTANG DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASATRA DI SMA

MANTINA, ELA (2016) ANALISIS PRAGMATIS CERITA RAKYAT SUKU SASAK CUPAK GERANTANG DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASATRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
E1C 111 027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian karya sastra ini adalah penelitian pragmatis. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini berupa norma sosial atau aturan dalam masyarakat yang kemudian norma sosial tersebut dikaitkan dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian bertujuan untuk menganalisis norma sosial yang terdapat dalam cerita rakyat suku Sasak Cupak Gerantang dan mendeskripsikan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan teori resepsi Iser. Teori ini menjadi landasan untuk memperlihatkan norma-norma sosial dalam cerita rakyat Cupak Gerantang . Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Metode deskriptif analisis ini digunakan untuk memaparkan data penelitian yang berupa fakta- fakta yang terdapat dalam suatu data. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatis. Pendekatan ini digunakan untuk memberikan kemudahan bagi pembaca atau peneliti untuk mencari manfaat dan makna yang terselubung dari sebuah karya sastra. Penelitian ini menjadi jawaban atas norma-norma yang mengandung nilai positif yang terdapat dalam cerita rakyat suku Sasak Cupak Gerantang. Oleh sebab itu, hasil penelitian ini mampu menjelaskan tentang norma sosial yang terdapat dalam cerita rakyat suku Sasak Cupak Gerantang yaitu: norma agama, norma susila, norma kesopanan, norma kebiasaan, dan norma hukum yang kemudian dikaitkan dengan pembelajaran sastra di SMA dan cerita rakyat suku Sasak Cupak Gerantang ini dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pragmatis, norma sosial, cerita rakyat, dan pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 29 Aug 2017 00:43
Last Modified: 29 Aug 2017 00:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item