PENGARUH PENERAPAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI TOKOH PADA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 GERUNG

Eka Putri Nareswari, Fidya (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI TOKOH PADA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 GERUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi flipped classroom terhadapk keterampilabn menulis teks biografi tokoh pada siswa kelas X MIPA SMAN 1 Gerung. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan disain Posttest Only, Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMAN 1 Grung yang terdiri dari 6 kelas. pengambillan sampel dilakukan dengan teknik purposive Sapling, dengan siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan adalah berupa dokumentasi dan tes unjuk kerja, tes unjuk kerja di sini berupa intruksi menulis teks biografi tokoh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi pada data posttest kelas eksperimen 0.082, nilai 0.82 > 0.05 maka posttest pada kelompok eksperimen berdistribusi normal. Pada data posttest kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi 0.344, nilai 0.344 > 0.05 maka posttest kelas eksperimen juga berdistribusi normal. Selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi pada uji homogenitas sebesar 0.181, nilai 0.181 > 0.05, maka kedua data dinyatakan homogen. Data yang telah diperoleh kemudian di analisis menggunakan uji t (t-test) 2-tailed dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh besar t hitung sebesar 7.033 dengan df 29. Nilai t hitung tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dan df 29. Hasil yang didapat nilai t tabel 1,699, hal tersebut menunjukan bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai (7.033 > 1,699) maka diterima dan ditolak. Artinya hipotesis dalam penelitian ini dinyatakan diterima yang menjukkan bahwa terdapat pengaruh berupa peningkatan keterampilan menulis teks biografi tokoh peserta didik menggunakan strategi flipped classroom pada peserta didik kelas X SMAN 1 Gerung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Flipped classroom dan keterampilan menulis teks biografi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:27
Last Modified: 05 Jul 2018 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5083

Actions (login required)

View Item View Item