PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INSTRUKSIONAL EDUKATIF BERUPA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN I SETELUK TAHUN AJARAN 2010 / 2011

Halid, Abdul (2011) PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INSTRUKSIONAL EDUKATIF BERUPA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN I SETELUK TAHUN AJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab 1-5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode penemuan terbimbing dengan menggunakan media instruksional edukatif berupa poster berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Seteluk tahun ajaran 2010/2011. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Seteluk tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 150 orang yang terbagi menjadi 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling diperoleh siswa kelas VIIIC berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIID berjumlah 28 orang sebagai kelas, dan uji homogenitas untuk mengetahui bahwa kemampuan kedua kelompok adalah homogen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes obyektif untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa. Data tes awal siswa diambil dari pre-test untuk mengetahui kemampuan awal kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui pengaruh metode penemuan terbimbing dengan menggunakan media instruksional edukatif berupa poster terhadap hasil belajar fisika siswa. Dari hasil analisis data diperoleh thitung 3,2 dan ttabel 2,005 pada dk 55 dan taraf signifikan 5%, karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode penemuan terbimbing dengan menggunakan media instruksional edukatif berupa poster terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMPN 1 Seteluk tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode penemuan terbimbing, media instruksional edukatif, poster, hasil belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:10
Last Modified: 05 Jul 2018 01:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5094

Actions (login required)

View Item View Item