PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011

SUNNI, M. ABDURRAHMAN (2011) PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. Bab I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
1. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
1. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan software PhET sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar fisika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X Asta 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Asta 4 sebagai kelas kontrol. Data hasil prestasi belajar dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan diperoleh data untuk ranah kognitif thitung = 4,05 dan ttabel = 1,67; sedangkan untuk ranah psikomotor thitung = 2,28 dan ttabel = 1,67 pada dk = 51 dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa pemanfaatan software PhET sebagai media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Software PhET, Prestasi Belajar Fisika.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:08
Last Modified: 05 Jul 2018 01:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5095

Actions (login required)

View Item View Item