SUNNI, M. ABDURRAHMAN (2011) PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
1. Bab I.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
1. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
Text
1. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
1. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
1. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan software PhET sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar fisika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X Asta 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Asta 4 sebagai kelas kontrol. Data hasil prestasi belajar dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan diperoleh data untuk ranah kognitif thitung = 4,05 dan ttabel = 1,67; sedangkan untuk ranah psikomotor thitung = 2,28 dan ttabel = 1,67 pada dk = 51 dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa pemanfaatan software PhET sebagai media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2010/2011.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Media Software PhET, Prestasi Belajar Fisika. |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 01:08 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 01:08 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5095 |
Actions (login required)
View Item |