PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE NHT (Numbered Heads Together) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011

HARYATI, SITI (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE NHT (Numbered Heads Together) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1-5 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif dengan tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar fisika siswa di SMPN 7 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dimana sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.8 sebagai kelas eksperimen sebanyak 39 siswa dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol sebanyak 38 siswa. Dari hasil uji homogenitas diketahui bahwa kedua kelas memiliki kemampuan yang homogen dimana F hitung lebih besar dari Fα . Teknik pengumpulan data digunakan tes obyektif untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan uji anava satu jalan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar fisika siswa. Dari analisis data diperoleh F hitung 18,33 dan F table 3,96 sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:07
Last Modified: 05 Jul 2018 01:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5097

Actions (login required)

View Item View Item