KAJIAN MIMESIS DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH KARYA HABIBBURAHMAN EL-SHIRAZY SERTA KETERKAITANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

wati, Widia (2016) KAJIAN MIMESIS DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH KARYA HABIBBURAHMAN EL-SHIRAZY SERTA KETERKAITANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
E1C 111 132.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)

Abstract

Permasalahan utama yang dianalisis dalam penelitian ini adalah “Kajian Mimesis dan Nilai-nilai Pendidikan Dalam Novel Ketika Cinta Bertasbih Karya Habibburahman El-Shirazy serta Keterkaitannya terhadap Pembelajaran Sastra Di SMA”, Novel ini menceritakan tentang seorang pemuda yang kuliah di Universitas di Cairo dan tokoh-tokoh yang lain. Novel ini mengangkat masalah kajian mimesis yang meliputi peniruan dari sebuah kenyataan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur-unsur mimesis novel Ketika Cinta Bertasbih, antara lain: a. Interaksi sosial dengan mengarah pada kenyataan mimesis, b. Kontak sosial yang terjadi dalam kehidupan nyata, c. Perwujudan atau peniruan dari kehidupan nyata, d. Karya sastra dengan didasarkan pada kenyataan kehidupan sosial yang dialami, e. Mengkaitkan karya sastra dengan realita suatu kenyataan. Serta mendiskripsikan dengan nilai-nilai pendidikan yang ada di novel Ketika Cinta Bertasbih, antara lain: a. Nilai pendidikan moral, b. Nilai pendidikan sosial, beserta keterkaitanya dengan pembelajaran sastra di SMA. Data dikumpulkan menggunakan metode deskriptif kualitatif karena data yang akan diambil dengan kata-kata(deskripsi). Metode analisis data dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan data dalam novel Ketika Cinta Bertasbih yang juga dikaitkan dengan pembelajaran di SMA. Dalam penelitian ini disajikan dengan cara, menyajikan data yang sudah dianalisis berupa uraian-uraian hasil analisis dalam bentuk kalimat. Kegiatan terakhir menyimpulkan hasil analisis berdasarkan pada hasil kajian mimesis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kajian Mimesis, Nilai Pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:20
Last Modified: 29 Aug 2017 01:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item