Penerapan pendekatan berpikir kausalitik ber-scaffolding dalam meningkatkan KPM hukum Newton tentang gerak

Rokhmat, Joni (2015) Penerapan pendekatan berpikir kausalitik ber-scaffolding dalam meningkatkan KPM hukum Newton tentang gerak. In: Seminar Nasional Fisika 2015 (SNF 2015), 14-15 Nopember 2018, Program Studi Fisika Unram dan HFI.

[img]
Preview
Text
Dok Lamp C25, Prosiding Seminar Nasional Fisika Unram 2015.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1sSHoR8oLSZWscW-kH...

Abstract

Telah diimplementasikan pendekatan berpikir kausalitik (kausalitas dan analitik) ber-scaffolding dalam perkuliahan Fisika Dasar 1. Tujuannya adalah menumbuhkan motivasi mahasiswa dan meningkatkan penguasaan konsep-konsep fisika secara utuh, serta menanamkan pandangan bahwa fisika adalah sederhana. Metode yang digunakan adalah embedded experimental design dengan pendekatan dua fase. Subjek penelitian terdiri atas 49 mahasiswa, 39 perempuan dan 10 laki-laki. Data kuantitatif diolah menggunakan statistik non parametrik Wilcoxon sedangkan data kualitatif dideskripsikan. Dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa seluruh indikator Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM) mengalami peningkatan signifikan tetapi secara umum peningkatannya tidak berbeda antara mahasiswa kelompok bawah dan atas. Indikator KPM meliputi kemampuan pemahaman, pemilihan, pembedaan, penentuan, penerapan, dan pangidentifikasian. Selain itu, hasil analisis skala sikap memperlihatkan bahwa mahasiswa bersikap setuju hingga sangat setuju dengan pernyataan positif dan tidak setuju hingga sangat tidak setuju terhadap pernyataan negatif pendekatan ini. Hasil ini merekomendasikan bahwa pendekatan berpikir kausalitik ber-scaffolding sangat cocok digunakan menanamkan penguasaan konsep fisika pada umumnya bukan hanya pada konsep hukum Newton

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan berpikir kausalitik ber-scaffolding, Hukum Newton tentang gerak, Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:36
Last Modified: 05 Jul 2018 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5117

Actions (login required)

View Item View Item