PEMAHAMAN INFORMASI PENDIDIKAN BAGI GURU WAJIB DAN PEMINATAN BERKATEGORI PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DI SEKOLAH KEJURUAN BISNIS DAN MANAJEMEN SMK NEGERI 1 MATARAM

Rokhmat, Joni and Muntari, Muntari and Baharuddin, Baharuddin (2014) PEMAHAMAN INFORMASI PENDIDIKAN BAGI GURU WAJIB DAN PEMINATAN BERKATEGORI PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI DI SEKOLAH KEJURUAN BISNIS DAN MANAJEMEN SMK NEGERI 1 MATARAM. Universitas Mataram, Mataram, Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Dok Lamp C27, Laporan penelitian PNBP PascaTahun 2014.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1m1rEdkltxEpJ_22wl...

Abstract

Telah dilakukan penelitian kemampuan pemahaman Sistem Informasi Pendidikan (SIP) bagi guru pembina mata pelajaran Wajib dan Peminatan berkategori Laki-laki dan Perempuan di salah satu Sekolah Kejuruan Bisnis dan Manajemen di kota Mataram. Tujuannya untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan bagi para guru yang membina mata pelajaran Wajib dan Peminatan, berjenis kelamin Perempuan dan Lakilaki, dan membina mata pelajaran Wajib berjenis kelamin Laki-laki dan Peminatan berjenis kelamin Perempuan atau membina mata pelajaran Wajib berjenis kelamin Perempuan dan Peminatan berjenis kelamin Laki-laki dalam memahami informasi pendidikan. Metode yang digunakan adalah campuran (mixed method) yaitu menggunakan model Embedded Design, (Creswell & Clark, 2007: 68-71). Hasilnya menunjukkan dalam taraf signifikansi 5% terdapat perbedaan kemampuan pemahaman SIP bagi guru Perempuan dan Laki-laki tetapi tidak terdapat perbedaan kemampuan antara guru Wajib dan Peminatan serta antara guru Wajib-Laki-laki dan Peminatan-Perempuan, serta antara guru Wajib-Perempuan dan Peminatan-Laki-laki. Secara kualitatif para guru belum dapat membedakan data dengan informasi, belum dapat membedakan bentuk fisik diagram, grafik, dan bagan, belum mengetahui karakteristik kegunaan tabel, diagram, grafik, dan bagan, serta belum mengetahui konsep gain. Hasil ini merekomendasikan bahwa untuk meningkatkan kualitas kinerja guru di sekolah tersebut perlu pembekalan pengetahuan tentang perbedaan data dan informasi, konsep tabel, diagram, grafik, dan bagan, serta pengetahuan gain dari suatu tindakan pendidikan

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan pemahaman Sistem Informasi Pendidikan, guru Wajib, guru Peminatan, guru Laki-laki, dan guru Perempuan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:36
Last Modified: 05 Jul 2018 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5119

Actions (login required)

View Item View Item