PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMPN 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011

LUCIANA, NORA YULIZA (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMPN 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran kreatif-produktif berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas VIII di SMPN 8 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dengan kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Data awal siswa diambil dari pre-test untuk mengetahui kemampuan awal kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji homogenitas dilakukan pada kedua sampel untuk mengetahui kemampuan kedua sampel adalah homogen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan uji anava satu jalan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran kreatif-produktif berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar fisika. Dari hasil analisis data diperoleh Fobs=50,66 dan Fα= 4 sehingga F obs lebih besar dari Fα. Ini menunjukkan strategi pembelajaran kreatif-produktif berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas VIII di SMPN 8 Mataram tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi pembelajaran kreatif-produktif, hasil belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:31
Last Modified: 05 Jul 2018 01:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5139

Actions (login required)

View Item View Item