PENGGUNAAN METODE BELAJAR KOOPERATIF MELALUI TEKNIK BELAJAR BERPASANGAN (THE LEARNING CELL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMAN 2 JONGGAT

SULISTINA, ERLIN (2011) PENGGUNAAN METODE BELAJAR KOOPERATIF MELALUI TEKNIK BELAJAR BERPASANGAN (THE LEARNING CELL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMAN 2 JONGGAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab I-V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)

Abstract

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan berdasarkan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan metode Pembelajaran Kooperatif menggunakan teknik Belajar Berpasangan (The Learning Cell) secara umum dapat meningkatkan ketuntasan belajar fisika siswa kelas XI IPA2 SMAN 2 Jonggat Tahun Pelajaran 2010/011 pada pokok bahasan Gaya Pegas. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan klasikal sebesar 64,86 % pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 87,5, % dengan perolehan nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 60,78, pada, siklus II meningkat menjadi 74,7. Secara individual pada siklus I, 24 orang telah tuntas sedangkan 13 orang atau 35,14 % belum tuntas. Sementara pada siklus II, 35 orang telah tuntas dan 5 orang atau 12,5 % belum tuntas,Pembelajaran metode belajar Kooperatif melalui teknik Belajar Berpasangan (The Learning Cell) pada pokok bahasan Gaya Pegas dapat dikatakan berhasil jika dilihat dari ketuntasan belajar fisika siswa kelas XI IPA2 SMAN 2 Jonggat,Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Karena ketuntasan siswa pada siklus II 87,5 % atau ≥ 85 % dan nilai rata-rata aktifitas siswa 23,83 berada dalam kategori sangat aktif maka penelitian dapat dihentikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode pembelajaran kooperatif menggunakan teknik belajar berpasangan dengan memperhatikan karakteristik siswa
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 02:23
Last Modified: 05 Jul 2018 02:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5141

Actions (login required)

View Item View Item