MUHAJIR, M. FAUZI (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMAN 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
(c) 1.0-5.0 BAB 1-5 + Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran peer lessons terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 3 Mataram tahun ajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Mataram tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 477 siswa, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas X.10 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 40 orang yang diberi perlakuan dengan strategi pembelajaran yang diteliti dan siswa kelas X.11 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 40 orang yang tidak diberi perlakuan. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik random sampling. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 47,9 pada saat dilakukan pretest dan 80,5 pada saat posttest sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata kelas sebesar 44,5 pada saat pretest dan 63,3 pada saat posttest. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,27 sedangkan ttabel sebesar 1,99. Karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran peer lessons berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Strategi pembelajaran peer lessons, Hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 02:23 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 02:23 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5143 |
Actions (login required)
View Item |