EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Teams Games Tournaments) DENGAN TEKNIK PERMAINAN ESTAFET JAKARTA (Jawab Kartu Pertanyaan) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 JONGGAT TAHUN AJARAN 2012/2013

SAHRUN, MUHAMMAD (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Teams Games Tournaments) DENGAN TEKNIK PERMAINAN ESTAFET JAKARTA (Jawab Kartu Pertanyaan) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 JONGGAT TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD SAHRUN 2013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36MB)

Abstract

Pelajaran fisika merupakan salah satu bagian dari ilmu pengetahuan alam yang wajib dipelajari dan dianggap sulit oleh sebagian besar siswa di sekolah menengah. Hal ini disebabkan karena banyaknya rumus ditambah guru yang lebih banyak mengajar dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan: (1) mengetahui apakah efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik permainan estafet jakarta lebih besar dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XII SMAN 1 Jonggat tahun ajaran 2012/2013. (2) mengetahui besar efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik permainan estafet jakarta terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XII SMAN 1 Jonggat tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 4 sebagai kelas kontrol. Dari hasil posttest, efektivitas pembelajaran di kelas eksperimen sebesar 71% dan kelas kontrol sebesar 12 %. Data prestasi belajar dianalisis menggunakan uji Mann Whitney U. Dengan bantuan SPSS statistik versi 17.0 diperoleh nilai Mann Whitney U sebesar 170, nilai Z sebesar -5,020 dan p-value 0,000. Karena pvalue lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik permainan estafet jakarta lebih besar dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XII SMA Negeri 1 Jonggat tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif, TGT, Permainan Estafet Jakarta, dan Prestasi Belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 02:22
Last Modified: 05 Jul 2018 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5144

Actions (login required)

View Item View Item