Nazilah, Rahmatun (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMPN 2 LINGSAR TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I.docx Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
BAB II.docx Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental design dengan jenis Randomized Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lingsar Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan kelas VII 3 sebagai kelas kontrol dan kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik cluster random sampling. Data hasil belajar diperoleh dari hasil post-test. Hasil post-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 68.95 dan kelas kontrol sebesar 56.97. Data post-test kedua kelas dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan rumus uji-t polled varians, diperoleh thitung = 5.51 dan ttabel = 1.99 pada derajat kebebasan 78 serta taraf signifikan 5%. Karena t_hitung lebih besar dari pada t_tabel) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model pembelajaran kooperatif, Make A Match, hasi belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 06 Jul 2018 01:03 |
Last Modified: | 06 Jul 2018 01:03 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5155 |
Actions (login required)
View Item |