PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATU LAYAR

MALIKI, IMAM MAKSUM AL (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATU LAYAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV DAN BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran direct instruction berbantuan media animasi terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batu Layar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batu Layar yang berjumlah 87 siswa, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIC berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Hasil tes awal diperoleh nilai rata-rata kelas untuk kelas eksperimen adalah 24,71, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 28,95. Hasil tes akhir untuk kelas eksperimen adalah 79,29, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 71,62. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t polled varians. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa antara kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran direct instruction berbantuan media animasi dengan kelas kontrol yang diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran direct instruction tanpa bantuan media animasi. Hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol, sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran direct instruction berbantuan media animasi berpengaruh positif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batu Layar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran direct instruction, media animasi, hasil belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 01:03
Last Modified: 06 Jul 2018 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5157

Actions (login required)

View Item View Item