Anshori, M. Zainal (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR LISTRIK DINAMIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KERUAK TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBEL POWER POWINT BERBASIS VIDEO THDP HSL BEL LISTRIK DINAMIS-M. ZAINAL ANSHORI (E1Q 007.029).pdf Restricted to Repository staff only Download (49MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint berbasis video terhadap hasil belajar listrik dinamis pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Keruak tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Grop Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Keruak tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, dengan siswa kelas X-A sebagai siswa kelas eksperimen dan siswa kelas X-B sebagai siswa kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar (post-test), selanjutnya data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t dua pihak yang merupakan uji beda rerata, diperoleh thitung = 3,806 dan ttabel dua pihak = 2,000 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 62. Sesuai dengan kriteria pengujian jika t t +t , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Karena t > t , maka Ho diterima dan Ha ditolak. Ini berarti penggunaan media pembelajaran powerpoint berbasis video berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar listrik dinamis pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Keruak tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Media Pembelajaran, Powerpoint Berbasis Video, Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 06 Jul 2018 01:03 |
Last Modified: | 06 Jul 2018 01:03 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5163 |
Actions (login required)
View Item |