PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR LISTRIK DINAMIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KERUAK TAHUN AJARAN 2011/2012

Anshori, M. Zainal (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR LISTRIK DINAMIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KERUAK TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBEL POWER POWINT BERBASIS VIDEO THDP HSL BEL LISTRIK DINAMIS-M. ZAINAL ANSHORI (E1Q 007.029).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint berbasis video terhadap hasil belajar listrik dinamis pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Keruak tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Grop Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Keruak tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, dengan siswa kelas X-A sebagai siswa kelas eksperimen dan siswa kelas X-B sebagai siswa kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar (post-test), selanjutnya data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t dua pihak yang merupakan uji beda rerata, diperoleh thitung = 3,806 dan ttabel dua pihak = 2,000 pada taraf signifikan 5% dengan dk = 62. Sesuai dengan kriteria pengujian jika t t +t , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Karena t > t , maka Ho diterima dan Ha ditolak. Ini berarti penggunaan media pembelajaran powerpoint berbasis video berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar listrik dinamis pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Keruak tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran, Powerpoint Berbasis Video, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 01:03
Last Modified: 06 Jul 2018 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item View Item