PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMPN 12 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Marlistina, Rani (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMPN 12 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Rani Marlistina (E1Q008023).pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi fisika terhadap hasil belajar fisika siswa materi pokok kalor dan perpindahannya pada kelas VII di SMPN 12 Mataram.. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 12 Mataram tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian dengan jumlah siswa 32 orang adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 29,86 pada saat dilakukan tes awal dan 64,41 pada saat tes akhir sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata kelas sebesar 32,03 pada saat tes awal dan 55,23 pada saat tes akhir. Perbedaan peningkatan tertinggi hasil belajar setiap sub materi di kedua kelas terjadi pada sub materi perpindahan kalor sebesar 33.9% dan terendahnya pada sub materi kalor dan suhu sebesar 14,6%. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,51 sedangkan ttabel sebesar 2,00. Karena thitung lebih besar daripada ttabel maka dapat disimpulkan bahwa penerapan animasi fisika berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Animasi Fisika, Hasil belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 01:02
Last Modified: 06 Jul 2018 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5165

Actions (login required)

View Item View Item