PERUBAHAN TINGKAH LAKU TOKOH UTAMA NOVEL NADEZDA KARYA MEHDI ZIDANE (PERSPEKTIF BEHAVIORISME B.F SKINNER) DAN KAITANNYA DENGAN MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Yasmi, Yulia (2016) PERUBAHAN TINGKAH LAKU TOKOH UTAMA NOVEL NADEZDA KARYA MEHDI ZIDANE (PERSPEKTIF BEHAVIORISME B.F SKINNER) DAN KAITANNYA DENGAN MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
E1C110120.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan utama yang diangkat dalam penalitian ini adalah Perubahan Tingkah Laku Tokoh Utama Novel Nadezda Karya Mehdi Zidane (Perspektif Behaviorisme B.F Skinner) Dan Kaitannya Dengan Materi Pembelajaran Sastra Di SMA”. Penelitian ini bersifat kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ialah studi kepustakaan dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan untuk mengkaji tingkah laku tokoh utama yaitu metode deskriptif analitik. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Menurut asumsi dasar meliputi a. Perilaku memiliki hukum tertentu, b. Prilaku dapat diramalkan, c. Prilaku dapat dikontrol. 2) Operan Condisioning (kondisioning operan). 3) Tipe Tingkah Laku meliputi a.responden b. Operan 4) Adanya pengaruh lingkungan 5) Stimulus-Respon meliputi a. Stimulus berkondisi dan tak terkondisi b. Respon/prilaku berkondisi dan tak terkondisi. Dalam novel “Nadezda” karya Mehdi Zidane sebagai materi pembelajaran sastra di SMA yaitu analisis tingkah laku tokoh utama telah sesuai dengan materi pembelajaran sastra di SMA dengan Standar Kompetensi kelas XI semester 1. Kompetensi Dasar menganalisis unsur-unsur intrinsik (tema, alur, penokohan, sudut pandang, latar, dan gaya bahasa). Oleh karena itu, analisis tingkah laku tokoh utama ini dapat bermanfaat sebagai materi pembelajaran sastra di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tingkah laku tokoh, teori Behaviorisme B.F Skinner. materi pembelajaran sastra di SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:21
Last Modified: 29 Aug 2017 01:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item