PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MATERI POKOK KALOR PADA KELAS VII DI SMPN 2 LINGSAR

PUJIANA, LAELY (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MATERI POKOK KALOR PADA KELAS VII DI SMPN 2 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran fisika berbasis flash pada materi pokok kalor dan pengaruh penggunaannya terhadap hasil belajar fisika siswa. Tahap rancangan pengembangan media yang dilakukan yaitu: (1) melakukan studi literatur; (2) studi lapangan; (3) deskripsi dan temuan teori; (4) pembuatan desain materi dan media; (5) validasi oleh ahli materi dan media; (6) revisi; (7) ujicoba kelas terbatas; (8) revisi; (9) peneraan media; (10) analisis data; dan (11) produk akhir. Desain penelitian untuk uji coba produk berbentuk quasi-eksperimen. Populasi untuk uji coba penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Lingsar tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 342 siswa. Sampel yang ditentukan sebagai kelas eksperimen dan kontrol adalah kelas VII-7 dan VII-5 dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Media pembelajaran dinyatakan tergolong dalam kategori baik berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media dengan persentase total sebesar 92,5%, ahli materi sebesar 87,5% dan respon siswa pada kelas terbatas sebesar 82,25%. Hasil tes akhir menunjukkan bahwa data normal dan kedua kelas homogen. Data ini kemudian dianalisis dengan uji-t dua pihak dengan taraf signifikasi 5% dan diperoleh data untuk ranah kognitif t_hitung sebasar 3,95 sedangkan t_tabel sebesar 1,99. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran fisika berbasis flash pada pokok bahasan kalor berpengaruh positif terhadap hasil belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media pembelajaran, Flash, Hasil belajar, Kalor.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 01:02
Last Modified: 06 Jul 2018 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5176

Actions (login required)

View Item View Item