ANALISIS WACANA KRITIS FILM KOMEDI SASAK OMJ (OOO MENU JARIN) DI STASIUN LOMBOK POST TV EPISODE “KEMAIK ANGEN” DAN “MERARIK KODEK” SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA DI SMA

Winarti, Dwi (2016) ANALISIS WACANA KRITIS FILM KOMEDI SASAK OMJ (OOO MENU JARIN) DI STASIUN LOMBOK POST TV EPISODE “KEMAIK ANGEN” DAN “MERARIK KODEK” SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
E1C111025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas di dalam penelitian ini adalah bentuk konstruksi gender pada film OMJ episode “Kemaik Angen” dan “Merarik Kodek” serta hubungannya hasil analisis dengan pembelajaran bahasa di SMA. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Mendeskripsikan bentuk konstruksi gender pada film komedi Sasak OMJ episode “Kemaik Angen” dan “Merarik Kodek”. 2) Mendeskripsikan hubungan hasil analisis wacana kritis film komedi Sasak OMJ episode “Kemaik Angen” dan “Merarik Kodek” dengan pembelajaran bahasa di SMA. Di dalam penelitian ini, data dikumpulkan menggunakan metode simak dengan teknik catat. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis Sara Mills. Hasil penelitian ini menunjukkan di dalam film komedi Sasak “OMJ (Ooo Menu Jarin)” di stasiun Lombok Post TV episode “Kemaik Angen”, terdapat pencerminan ideologi gender dan ketidakadilan gender yakni marjinalisasi, subordinasi, represi, dan deskriminasi terhadap perempuan, yakni Lia dan Nirmala sebagai objek penceritaan. Sedangkan pada episode “Merarik Kodek”, hanya terjadi pemarjinalisasian terhadap objek penceritaan yakni Odah. Sutradara pada film ini termasuk seorang feminis yakni sutradara ingin memperlihatkan bagaimana ketidakadilan terhadap perempuan didalam budaya patriarki yang sampai saat ini, masih banyak masyarakat yang menganut budaya tersebut. Dengan penyampaian pesan pada ending atau akhir cerita kedua film yakni sebuah kritikan dengan menyampaikan pesan tentang perempuan yang berhak memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Agar ideologi pembebasan sampai kepada penonton laki-laki maupun perempuan. Hubungan hasil analisis wacana kritis pada film komedi Sasak “OMJ (Ooo Menu Jarin) di stasiun Lombok Post TV episode “Kemaik Angen” dan “Merarik Kodek” dengan pembelajaran bahasa di SMA adalah pada Kompetensi Dasar (KD) 1.2. Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman. KD ini terdapat dalam RPP kurikulum 2013 kelas X semester I. Dalam hasil analisis pada film “OMJ (Ooo Menu Jarin)” Episode “Kemaik Angen” dan “Merarik Kodek” tentang konstruksi gender ini, terdapat unsur instrinsik maupun ekstrinsik yang layak untuk dijadikan bahan belajar bagi siswa-siswa. Karena kedua film ini menceritakan tentang situasi masyarakat yang masih menganut budaya patriarki khususnya pada masyarakat kuno, serta pesan yang ingin disampaikan sutradara pada film ini akan meningkatkan kesadaran siswa tentang kesetaraan gender dan dapat mengaplikasikannya ke dalam kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Wacana Kritis, Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:21
Last Modified: 29 Aug 2017 01:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item