UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PELAJARAN IPA FISIKA SISWA KELAS VIII.B SMPN 21 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

APRIANI, LIA (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PELAJARAN IPA FISIKA SISWA KELAS VIII.B SMPN 21 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
BAB III1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatnya pemahaman konsep fisika menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan Saintifik pada pelajaran IPA fisika kelas VIII.B SMPN 21 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah kelas yang memiliki ketuntasan klasikal terendah yaitu kelas VIII.B dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Penelitian dikatakan berhasil bila ketuntasan klasikal ≥85% dan aktivitas guru berkategori baik. Data pemahaman konsep fisika siswa diperoleh dengan cara tes soal dalam bentuk pilihan ganda dengan kriteria soal C1 sampai C6, sedangkan data aktivitas guru diperoleh dengan cara observasi oleh guru mata pelajaran. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan oktober 2014 sampai dengan bulan juni 2015. Hasil penelitian pada siklus I, ketuntasan klasikal siswa 77% dan rerata kelas siswa 74,32, Data aktivitas guru berkategori sangat cukup. Penelitian dilanjutkan pada siklus II. Hasil ketuntasan klasikal diperolah 86% dan rerata kelas 81,59, sedangkan data aktivitas guru berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar dan aktivitas mengajar guru telah memenuhi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Discovery Learning, Pendekatan saintifik, Pemahaman konsep
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 01:00
Last Modified: 06 Jul 2018 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5192

Actions (login required)

View Item View Item