PENGARUH GAYA BELAJAR VAK PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA SMP NEGERI 2 NARMADA

NURMAYANI, NURMAYANI (2016) PENGARUH GAYA BELAJAR VAK PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA SMP NEGERI 2 NARMADA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL NURMAYANI (E1Q011031).pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPA (Fisika) siswa, (2) pengaruh gaya belajar VAK terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa, (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA (Fisika) siswa. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Narmada yang berjumlah 87 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 59 orang. Desain penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 3 dengan teknik analisis data menggunakan Anova dua jalur pada taraf signifikan α=0,05. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa, dengan Fhitung > Ftabel yaitu 21,15 > 4,02; (2) ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa, dengan Fhitung > Ftabel yaitu 5,39 > 3,17; (3) ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA Fisika sebesar 50,2 % dengan, Fhitung > Ftabel yaitu 16,13 > 3,17.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gaya belajar VAK, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 01:00
Last Modified: 06 Jul 2018 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5198

Actions (login required)

View Item View Item