PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 1 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

Rahmatillah, Rahmatillah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 1 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

The research aims to determine the influence of guided inquiry model with experiment method toward the result learning physics of students SMAN 1 Gunungsari academic year 2015/2016. The kind of this research was the experiment research who designed using pretest-posttest control group design. The sample was selected by cluster random sampling technique and obtained class X-8 (experiment group) and class X-9 (control group). The result of learning who analyzed was the result of learning in the realm of cognitive than the realm of affective and psychomotor as data that support. The instrument which was used to measure the result of learning in the realm of cognitive was objective test with concern on the validity, reliability, the differences and level of difficulty of question. The result of learning was analyzed by using t-test pooled varians, was obtained tcount in the amount of 2.88 and ttable in the amount of 1.99 on the significant standard 5%. Consequently, tcount > ttable so Ho was rejected and Ha was accepted in order to we can conclude that we found the influence in model of learning inquiry mentored by the experiment method toward the result of learning of physics SMAN 1 Gunungsari academic year 2015/2016. Key words: model of learning guided inquiry, experiment method, the result of learning. PENDAHULUAN Menurut Trisno [14] menyatakan IPA Fisika adalah ilmu pengetahuan yang menggunakan metode ilmiah dalam prosesnya. Dengan demikian, proses pembelajaran fisika bukan hanya memahami konsep-konsep fisika semata, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses dalam penemuan. Pembelajaran fisika yang harus diperhatikan adalah bagaimana siswa mendapat pengetahuan (learning to know), konsep dan teori melalui pengalaman praktis dengan cara melaksanakan observasi atau eksperimen (learning to do), secara langsung (skil objektivitas) sehingga dirinya berperan sebagai ilmuan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika dan beberapa siswa kelas X SMAN 1 Gunungsari diperoleh informasi yaitu siswa menganggap bahwa fisika sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Anggapan siswa mengenai pelajaran fisika itu sulit dan membosankan karena dalam pembelajaran fisika dipenuhi oleh rumus-rumus yang susah di hafal dan guru kurang bervariasi dalam memilih model dan metode pengajaran serta jarang dilakukan kegiatan eksperimen. Hal ini menimbulkan kesan bahwa mata pelajaran fisika membosankan dan mengakibatkan kurangnya semangat siswa dalam belajar, sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar fisika yang rendah. Rendahnya hasil belajar fisika ini mengharapkan adanya perubahan dalam pembelajaran fisika di sekolah agar kualitas pembelajaran fisika dapat ditingkatkan dengan menggunakan model dan metode pembelajaran yang menempatkan siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran fisika. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dimaksud yakni model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen. Model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah suatu model pembelajaran inkuiri yang dalam praktiknya guru menyediakan bimbingan dan membimbing siswa dalam memecahkan permasalahan [3] sedangkan pembelajaran melalui kegiatan eksperimen

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model of learning guided inquiry, experiment method, the result of learning
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:59
Last Modified: 06 Jul 2018 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5208

Actions (login required)

View Item View Item