PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROSES BERPIKIR KAUSALITAS DAN ANALITIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA CALON GURU Tahun ke-2 dari rencana 3 tahun

Rokhmat, Joni and Marzuki, Marzuki and Hikmawati, Hikmawati and Verawati, Ni Ny Sri Putu (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROSES BERPIKIR KAUSALITAS DAN ANALITIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA CALON GURU Tahun ke-2 dari rencana 3 tahun. Universitas Mataram, Mataram, Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Dok Lamp C34, Laporan Akhir Penelitian Stranas 2016.pdf

Download (707kB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1Tmbm9luBd-bK-EBwi...

Abstract

Tujuan jangka panjang: Penelitian ini dalam jangka panjang bertujuan membangun model pembelajaran berbasis Proses Berpikir Kausalitas dan Analitik (Model Pembelajaran Kausalitik) yang dapat dipedomani untuk pengembangan pembelajaran fisika dan bidang ilmu lainnya baik pada jenjang pendidikan tinggi maupun pendidikan menengah dan dasar, serta pendidikan pra-sekolah lengkap dengan buku panduannya, serta buku-buku pembelajaran dengan pendekatan berpikir kausalitik yang menjadi buku utama pegangan dosen dan mahasiswanya atau guru dan siswanya dalam mengimplementasikan model pembelajaran ini. Target khusus yang ingin dicapai: Akhir dari pelaksanaan penelitian yang sudah memasuki tahun kedua dari rencana tiga tahun ini ditargetkan menghasilkan sebuah model baku pembelajaran kausalitik, buku teks model pembelajaran kausalitik, buku teks Fisika Dasar dengan pendekatan berpikir kausalitik, serta buku ajar dengan pendekatan berpikir kausalitik untuk perkuliahan Fisika Dasar I yang dilengkapi dengan Kumpulan Tugas Pendahuluan (TP) dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM). Metode pencapaian target, Tahun pertama Sudah dihasilkan: Sebelas set Tugas Pendahuluan (TP), 24 Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) ber-scaffolding berbasis fenomena multi-akibat dan multi-penyebab untuk model hipotetik pembelajaran kausalitik, serta satu set draf buku ajar Fisika Dasar I dengan Pendekatan Berpikir Kausalitik (buku pegangan Dosen dan Mahasiswa). Tahun kedua: Dihasilkan model baku pembelajaran kausalitik yang efektif dan efisien dalam meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM) mahasiswa calon guru fisika dan Buku Ajar Fisika Dasar I dengan pendekatan berpikir kausalitik, serta publikasi ilmiah melalui jurnal internasional terindeks scopus dan/atau prosiding konferensi dan/atau seminar internasional. Dua luaran pertama merupakan penyempurnaan dari model pembelajaran hipotetik dan draf Buku Ajar yang dihasilkan dalam tahun pertama. Penyempurnaan didasarkan pada uji-coba skala luas di dua Perguruan Tinggi yang mencakup seluruh materi dalam perkuliahan Fisika Dasar I. Tahun ketiga: Dihasilkan dua buku teks, yaitu buku model pembelajaran kausalitik dan Buku Fisika dengan Pendekatan Berpikir Kaualitik, serta publikasi ilmiah melalui jurnal internasional terindeks scopus. Manfaat penelitian bagi pemangku kepentingan/stakeholders: Bagi lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK) model baku pembelajaran kausalitik dapat dipedomani untuk dikembangkan lebih lanjut pada bidang ilmu fisika maupun bidang ilmu lainnya dan pada jenjang pendidikan yang berbeda, bagi para dosen maupun guru fisika, model pembelajaran ini dapat diimpelementasikan dalam proses perkuliahan atau pembelajaran, bagi mahasiswa dan siswa pada tingkat sekolah implentasi model pembelajaran ini akan memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi berpikir analisis, sintesis, kreatif, kritis sehingga kemampuan bernalarnya dimungkinkan berkembang secara optimal.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kausalitik, Tugas Pendahuluan (TP), Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), buku ajar Fisika Dasar I, dan buku teks.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:59
Last Modified: 06 Jul 2018 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5209

Actions (login required)

View Item View Item