PERBEDAAN HASIL KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE BAGI SISWA SMP NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016

YUNITA, YUNITA (2016) PERBEDAAN HASIL KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE BAGI SISWA SMP NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTKEL YUNITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil keterampilan proses sains siswa melalui model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran inquiry dengan metode pictorial riddle bagi siswa SMP Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2015/2016. Desain penelitian ini menggunakan Pretest Posstest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan tehnik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunungsari, dengan sampel siswa kelas VIII D (kelas eksperimen 1) dan siswa kelas VIII F (kelas eksperimen 2). Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains berbentuk pilihan ganda beralasan yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabelitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soalnya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata postest kelas eksperimen 1 adalah 59,2 dan kelas eksperimen 2 sebesar 51,7. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan data posttest terdistribusi normal dan homogen sehingga uji statistik yang digunakan adalah statistik parametrik t-test pooled varian dengan kriteria uji-t satu pihak (Independent sample t test). Hasil thitung sebesar 2,535 dan ttabel sebesar 1,671 pada taraf signifikansi 5 %, karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil keterampilan proses sains melalui model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran inquiry dengan metode pictorial riddle bagi siswa SMP Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Inquiry, Pictorial Riddle, Keterampilan Proses Sains
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:59
Last Modified: 06 Jul 2018 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5212

Actions (login required)

View Item View Item