PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA MAN 2 PRAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Arianti, Baiq Ida (2016) PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA MAN 2 PRAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL (PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL TERHADAP PENGUASAANKONSEP .doc
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control grup design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 2 Praya. Siswa kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda dan tes pemecahan masalah berbentuk uraian. Hipotesis penelitian diuji dengan Uji-t polled varians dengan taraf signifikan 5%, dan diperoleh hasil thitung =2,54 untuk penguasaan konsep dan thitung =4,01 untuk pemecahan masalah, sedangkan ttabel = 2,02. Oleh karena thitung lebih besar dari pada ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa model direct instruction berbantuan simulasi virtual berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan pemecahan masalah fisika siswa MAN 2 Praya tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model direct instruction, simulasi virtual, penguasaan konsep, dan pemecahan masalah
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:59
Last Modified: 06 Jul 2018 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5215

Actions (login required)

View Item View Item