Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pada Kreativitas Calon Guru

Gunada, I Wayan and Rokhmat, Joni and Hikmawati, Hikmawati and Kesipudin, Kesipudin (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pada Kreativitas Calon Guru. Universitas Mataram, Mataram, Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Dok Lamp C39, Laporan penelitian PNBP Tahun 2017.pdf

Download (11MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1ZnumtqSLR29Dx14e2...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar kompilasi fisika matematika II pada pokok bahasan persamaan diferensial. Bahan ajar yang telah dikembangkan berupa modul ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang terdiri dtas empat tahap yaitu: tahap penetapan (deJine), perano.rngan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa modul ajar fisika matematika II persamaan diferensial dan aplikasinya. Modul ajar yang dihasilkan ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, dan kebahasaan memperoleh skor rata-rata 92,5 dengan prosentase 79,74 %. Hal ini menunjukan bahwa modul ajar yang telah dikembangkan dikategorikan baik dan layak digunakan. Ditinjau dari segi efektifitas yang diukur dari dampak aktivitas mahasiswa, respon, dan nilai kemampuan penalaran mahasiswa. Dampak aktivitas mahasiswa yang terlihat selama proses pembelajaran setelah menggunakan modul sebesar 73,59 % dan aktivitas mahasiswa dikategori baik. Kemampuan penalaran matematis memperoleh nilai rata-rata'10,87 dan dikategorikan tinggi. Sedangkan respon dari mahasiswa setelah menggunakan modul sebesar 70,23 dan dikategorikan positif. Hal ini menunjukan bahwa modul ajar yang telah dibuat dapat dil€bgonl<an efektif. Dengan demikian dapat disimputkan bahwa modul ajar kompilasi fisika matematika II pokok bahasan persamaan diferensial dan aplikasiny4 dapat dikaakan efektifdan layak digunakan.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): kompilasi, persanaan diferensial, penalaran matemotis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:57
Last Modified: 06 Jul 2018 00:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5221

Actions (login required)

View Item View Item