PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 1 BATULAYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SUMARDANI, NI LUH WIDYA (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 1 BATULAYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Journal.docx
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)

Abstract

NI LUH WIDYA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E dan problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa, pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar fisika siswa, dan interaksi model pembelajaran dengan keaktifan dengan materi pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud zat. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan bentuk desain penelitian yaitu desain faktorial 2×2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Batulayar sebanyak dua kelas dengan teknik pengambilan sampel yakni total sampling. Ada dua sampel penelitian yang diambil yakni kelas XA sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen I yang diberikan perlakuan dengan model learning cycle 5E dan kelas XB sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen II dengan model problem based learning. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalan yang dilanjutkan dengan uji n-gain untuk membandingkan pengaruh peningkatan antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II pada setiap sub materi dan sub keaktifan tiap indikator. Berdasarkan hasil uji anava dua jalan, pada Ha1 memiliki nilai signifikansi 0,009 < 0,05; Ha2 memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05; dan Ha3 memiliki nilai signifikansi 0,218 > 0,05 maka dapat disimpulkan pada hasil penelitian terdapat pengaruh model learning cycle 5E dan problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa, terdapat pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar fisika siswa, dan tidak ada interaksi model learning cycle 5E dan problem based learning dengan keaktifan siswa. Hasil uji n-gain berdasarkan empat sub pada materi pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud zat didapatkan nilai n-gain tertinggi pada kelas eksperimen I dengan sub materi perubahan wujud zat yaitu 0,87 dan n-gain tertinggi pada kelas eksperimen II dengan sub materi suhu dan kalor yaitu 0,28 sedangkan nilai n-gain tertinggi berdasarkan lima sub keaktifan tiap indikator pada kelas eksperimen I dengan sub indikator aktivitas selama kegiatan percobaan yaitu 0,53 dan nilai n-gain tertinggi pada kelas eksperimen II dengan sub indikator kesiapan sebelum pembelajaran dan aktivitas akhir pembelajaran yaitu 0,41.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Learning Cycle 5E, Problem Based Learning, Keaktifan, dan Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:57
Last Modified: 06 Jul 2018 00:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5225

Actions (login required)

View Item View Item