PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TANJUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

BAYUAJI, PUTUT (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TANJUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1 2 3 4 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe SFAE dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan Postest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel didapat, siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen sebesar 75 dan untuk kelas kontrol sebesar 70. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai sebesar 0,692 untuk kelas eksperimen dan 2,351 untuk kelas kontrol. Nilai sebesar 11,070 pada taraf signifikan 0,05. Nilai kurang dari , maka data terdistribusi normal. Hasil uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai sebesar 1,237 dan nilai sebesar 1,772. Nilai kurang dari , maka kedua kelas homogen. Hasil uji-t pooled varians didapatkan nilai sebesar 2,242 dan nilai sebesar 1,668 dengan taraf signifikan 0,05. Nilai lebih besar dari maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SFAE dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran SFAE, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:57
Last Modified: 06 Jul 2018 00:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5226

Actions (login required)

View Item View Item