PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN BERPIKIR KAUSALITIKUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA (Tahun ke-1 dari rencana 3 tahun)

Marzuki, Marzuki and Rokhmat, Joni and Wahyudi, Wahyudi (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN BERPIKIR KAUSALITIKUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA (Tahun ke-1 dari rencana 3 tahun). Universitas Mataram, Mataram, Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Dok Lamp C40, Laporan penelitian PDUPT Tahun 2017.pdf

Download (372kB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/13Y7amdeHK1FB_Pac4...

Abstract

Tujuan jangka panjang: Penelitian ini dalam jangka panjang bertujuan membangun Model Pembelajaran Kausalitik (MPK) yang dapat dipedomani untuk pengembangan pembelajaran fisika dan bidang ilmu lainnya baik pada jenjang pendidikan tinggi maupun pendidikan menengah dan dasar, serta pendidikan prasekolah lengkap dengan buku panduan, buku ajar, dan buku teks (edisi disempurnakan) dengan pendekatan berpikir kausalitik dan menggunakan fenomena multi-akibat yang menjadi wadah utama pengembangan berpikir kausalitik dalam model pembelajaran ini, serta publikasi skala luas melalui desiminasi, orasi ilmiah melalui konferensi internasional dan/atau seminar nasional, dan publikasi ilmiah baik pada jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional bereputasi.Target khusus yang ingin dicapai: Akhir dari pelaksanaan penelitian yang direncanakan selama tiga tahun ini ditargetkan menghasilkan sebuah buku teks fisika SMA dengan pendekatan berpikir kausalitik dan buku teks model pembelajaran kausalitik (edisi penyempurnaan). Metode pencapaian target,Tahun pertama:Sepuluh set Tugas Pendahuluan (TP) dan 20 Lembar Kerja Siswa (LKM) ber-scaffolding berbasis fenomena multi-akibat untuk MPK, draf buku ajar fisika SMA dengan pendekatan berpikir kaualitik, serta publikasi ilmiah melalui oral pada konferensi internasional dan/atau seminar naional, submitpaper pada jurnal internasional bereputasi bernama reseaarch in science education. Tahun kedua: Dihasilkan buku ajar fisika SMA dengan pendekatan berpikir kausalitik dan draf buku teks fisika (edisi disempurnakan) untuk SMA, publikasi ilmiah melalui: (1) oral pada konferensi internasional dan/atau seminar nasional dengan status telah melaksanakan, dan (2) jurnal internasional bereputasi (bernama reseaarch in science education) dengan status accepted dan/atau published, serta (3) submit tulisan kedua (pada jurnal bernama reseaarch in science education) dengan status under review. Tahun ketiga: Dihasilkan buku teks fisikaSMA (edisi disempurnakan), oral ilmiah melalui konferensi internasional dan/atau seminar nasional, publikasi kedua pada jurnal internasional bereputasi (bernama reseaarch in science education) dengan status accepted dan/atau published.Manfaat penelitian bagi pemangku kepentingan/stakeholders: Bagi lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK) model pembelajaran kausalitik dapat dipedomani untuk dikembangkan pada bidang ilmu lainnya dan pada jenjang pendidikan yang berbeda, bagi para dosen maupun guru fisika, model pembelajaran ini dapat diimpelementasikan dalam proses perkuliahan dan pembelajaran di sekolah, bagi mahasiswa dan siswa pada tingkat sekolah implentasi model pembelajaran ini akan memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi berpikir analisis, sintesis, kreatif, kritis sehingga kemampuan bernalarnya dimungkinkan berkembang secara optimal.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kausalitik (MPK), Buku ajar dan buku teks fisika SMA dengan pendekatan berpikir kausalitik, dan fenomena multi-akibat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:57
Last Modified: 06 Jul 2018 00:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5227

Actions (login required)

View Item View Item