PENGARUH PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK KOLOID PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

NINGSYIH, SURIYA (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK KOLOID PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SURIYA NINGSYIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa materi pokok koloid pada siswa kelas XI IPA SMAN 8 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian quasi exsperiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 8 Mataram sebanyak 111 orang siswa, dan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Penentuan kelas didasarkan pada uji homogenitas data awal dari sekolah dan hasil diskusi dengan guru mata pelajaran kimia kelas XI IPA SMA Negeri 8 Mataram. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing, dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran praktikum sederhana secara konvensional (ceramah dan tanya jawab). Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 81,14 dengan ketuntasan klasikal sebesar 79,31%, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest yaitu 64 dengan ketuntasan klasikal 25 %. Data penelitian dianalisis menggunakan uji anakova dimana diperoleh Fhitung = 34,97, sedangkan F tabel pada taraf signifikan 5% dengan db = 1 : 55 adalah 4,02. sehingga Fhitung > Ftabel . Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran praktikum berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar kimia materi pokok koloid pada siswa kelas XI IPA SMAN 8 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Inkuiri terbimbing (guided inquiry), kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, materi koloid
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:52
Last Modified: 06 Jul 2018 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5246

Actions (login required)

View Item View Item