PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI PADA MATERI REAKSI REDOKS

PARLIANI, SUCI (2016) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI PADA MATERI REAKSI REDOKS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JUR NAL.doc

Download (500kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis keterampilan proses sains terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gunungsari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 9 kelas dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X5 dan X6 yang ditentukan dengan sampling purposive. Variabel bebas pada penelitian ini adalah bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis keterampilan proses sains, dan variabel terikatnya adalah keterampilan berpikir kritis siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data keterampilan berpikir kritis siswa yang diperoleh dengan teknik tes. Berdasarkan hasil perhitungan terhadap nilai pretest dan posttest diperoleh nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,56 yang berarti kelas eksperimen mengalami peningkatan gain dengan kategori "sedang", sedangkan kelas kontrol memperoleh gain sebesar 0,1 yang berarti kelas kontrol mengalami peningkatan gain dengan kategori "rendah". Selain itu hasil observasi selama pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa aktivitas siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan di kelas kontrol. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney diperoleh Zhitung sebesar 5,56 > Ztabel sebesar 1,96. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis keterampilan proses sains memberikan pengaruh lebih baik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok reaksi redoks di SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:52
Last Modified: 06 Jul 2018 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5247

Actions (login required)

View Item View Item