PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 AIKMEL PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI

MAWADDATI, SOFIAH (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 AIKMEL PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan permainan Mahjong Chemistry terhadap motivasi dan hasil belajar kimia materi pokok reaksi oksidasi dan reduksi pada siswa kelas X SMAN 2 Labuapi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 2 Labuapi yang terbagi dalam lima kelas. Dua kelas dipilih sebagai sampel dengan teknik purposive sampling. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan permainan Mahjong Chemistry dan pada kelas kontrol berupa pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data digunakan adalah angket motivasi belajar dan tes tertulis (posttest). Nilai rata-rata posttest dan skor rata-rata angket motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t didapatkan thitung = 7,74 > ttabel = 2,000 (untuk motivasi belajar) dan thitung= 4,45 > ttabel = 2,000 (untuk hasil belajar) yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan permainan Mahjong Chemistry memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional dikaitkan dengan motivasi belajar dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Permainan Mahjong Chemistry, motivasi belajar, hasil belajar, reaksi oksidasi dan reduksi
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:52
Last Modified: 06 Jul 2018 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5248

Actions (login required)

View Item View Item