ANALISIS PERILAKU MASYARAKAT DALAM NOVEL CINTA DI TELAGA NABI KARYA ABDILLAH F HASAN DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

Zulkarnaen, Irwan (2016) ANALISIS PERILAKU MASYARAKAT DALAM NOVEL CINTA DI TELAGA NABI KARYA ABDILLAH F HASAN DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
E1C112055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran perilaku masyarakat dalam novel Cinta di Telaga Nabi karya Abdillah F Hasan dan kaitan novel Cinta di Telaga nabi karya Abdillah F Hasan dengan pembelajaran sastra di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualititatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: metode studi kepustakaan, teknik dokumentasi. Kemudian metode analisis data yang digunakan adalah teori tindakan sosial Max Weber yang terdiri atas tindakan rasionalitas instrumental, rasionalitas nilai, tindakan afektif, dan tindakan tradisional. Kemudian hasil analisis dalam Novel Cinta di Telaga Nabi karya Abdillah F Hasan terdapat perilaku masyarakat berdasarkan tindakan sosial yang mengacu kepada perilaku yang menunjukkan adanya perilaku positif dan negatif yang terjadi dalam lingkungan masyarakat. Adapun perilaku negatifnya adalah warga masyarakat yang gemar berjudi dan melakukan berbagai cara yang tidak baik dalam mencari nafkah, sedangkan perilaku positif yang terlihat dalam tindakan pada novel menunjukkan perilaku religiusitas dan kerja keras yang patut untuk ditiru dan menjadi motivasi tersendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perilaku masyarakat, novel, pembelajaran sastra di SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:42
Last Modified: 30 Aug 2017 04:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item