PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MA. AL-AZIZIYAH PUTRA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SAHMADESTI, INTAN (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MA. AL-AZIZIYAH PUTRA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
intan sahmadesti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa, (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional (Direct Instruction) dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian desain faktorial 2x2. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Materi yang diajarkan yaitu materi “Reaksi Redoks”. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis kovarians dua jalan yang dilanjutkan dengan uji t, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa, (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional (Direct Instruction) dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran inkuiri terbimbing, motivasi belajar kimia siswa, hasil belajar.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:52
Last Modified: 06 Jul 2018 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5251

Actions (login required)

View Item View Item