SARI, LUHITA PUSPITA (2016) KONTRIBUSI METODE CERAMAH BERVARIASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS V KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
KONTRIBUSI METODE CERAMAH BERVARIASI TERHADAP - LUHITA PUSPITA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui kontribusi pemanfaatan metode ceramah bervariasi terhadap minat belajar siswa. Subjek penelitian berjumlah 50 orang siswa pada kelas V SDN gugus V Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara yang diambil secara random sampling pada populasi sebesar 89 siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi positif sebesar 0,376 pada taraf signifikansi 5% (analisis product moment rhitung = 0,376 > rtabel = 0,279 ts 5%) antara pemanfaatan metode ceramah bervariasi terhadap minat belajar siswa dan diperoleh kontribusi sebesar 14,1%. Sesuai hasil instrumen metode ceramah bervariasi menunjukkan 82% termasuk baik dan 18% termasuk kurang baik. Dipihak lain hasil instrumen minat belajar siswa menunjukkan 44% minat belajar siswa termasuk tinggi dan 56% minat belajar siswa rendah. Dapat disimpulkan bahwa metode ceramah bervariasi berkontribusi terhadap minat belajar siswa kelas V SDN gugus V Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara Tahun 2016 sebesar 14,1%. Minat belajar siswa disumbang sebesar 85,9% oleh faktor lainnya yang tidak jadi bagian dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Metode Ceramah Bervariasi, Minat Belajar Siswa. |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 06 Jul 2018 00:51 |
Last Modified: | 06 Jul 2018 00:51 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5252 |
Actions (login required)
View Item |