KONTRIBUSI METODE CERAMAH BERVARIASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS V KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2016

SARI, LUHITA PUSPITA (2016) KONTRIBUSI METODE CERAMAH BERVARIASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS V KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KONTRIBUSI METODE CERAMAH BERVARIASI TERHADAP - LUHITA PUSPITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui kontribusi pemanfaatan metode ceramah bervariasi terhadap minat belajar siswa. Subjek penelitian berjumlah 50 orang siswa pada kelas V SDN gugus V Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara yang diambil secara random sampling pada populasi sebesar 89 siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi positif sebesar 0,376 pada taraf signifikansi 5% (analisis product moment rhitung = 0,376 > rtabel = 0,279 ts 5%) antara pemanfaatan metode ceramah bervariasi terhadap minat belajar siswa dan diperoleh kontribusi sebesar 14,1%. Sesuai hasil instrumen metode ceramah bervariasi menunjukkan 82% termasuk baik dan 18% termasuk kurang baik. Dipihak lain hasil instrumen minat belajar siswa menunjukkan 44% minat belajar siswa termasuk tinggi dan 56% minat belajar siswa rendah. Dapat disimpulkan bahwa metode ceramah bervariasi berkontribusi terhadap minat belajar siswa kelas V SDN gugus V Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara Tahun 2016 sebesar 14,1%. Minat belajar siswa disumbang sebesar 85,9% oleh faktor lainnya yang tidak jadi bagian dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Ceramah Bervariasi, Minat Belajar Siswa.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:51
Last Modified: 06 Jul 2018 00:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5252

Actions (login required)

View Item View Item