PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI IKATAN KIMIA HASIL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) ANTARA YANG MENGGUNAKAN MEDIA CHEMISTRY BOARD DENGAN MEDIA KARTU PADA SISWA KELAS X SMAN 1 PRAYA BARAT DAYA SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan dalam Menyelesaikan Program Sarjana (S1) Pendidikan Kimia OLEH: SITI HALIMAH E1M 011 037 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM 2016

HALIMAH, SITI (2016) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI IKATAN KIMIA HASIL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) ANTARA YANG MENGGUNAKAN MEDIA CHEMISTRY BOARD DENGAN MEDIA KARTU PADA SISWA KELAS X SMAN 1 PRAYA BARAT DAYA SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan dalam Menyelesaikan Program Sarjana (S1) Pendidikan Kimia OLEH: SITI HALIMAH E1M 011 037 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM 2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SITI HALIMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan prestasi belajar kimia materi ikatan kimia hasil pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) antara yang menggunakan media Chemistry Board dengan media kartu pada siswa kelas X SMAN 1 Praya Barat Daya. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Praya Barat Daya yang terdiri atas tiga kelas, yaitu kelas X1, X2, dan X3. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling, yaitu pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas X2 terpilih sebagai kelas eksperimen 1 yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT dengan media Chemistry Board dan kelas X3 terpilih sebagai kelas eksperimen 2 yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT dengan media kartu. Data prestasi belajar dikumpulkan dari hasil posttest setelah siswa memperoleh materi pelajaran ikatan kimia. Hasil posttest menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,94 dengan persentase ketuntasan 40%, sedangkan pada kelas eksperimen 2 diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,14 dengan persentase ketuntasan 41,38%. Dari hasil uji normalitas diperoleh χ2 hitung (2,66 untuk kelas eksperimen 1 dan 3,06 untuk kelas eksperimen 2) < χ2 tabel (11,07) yang berarti bahwa data pada kedua kelas terdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji varians homogenitas diperoleh Fhitung (1,08) < Ftabel (1,90) yang berarti bahwa kedua kelas ini memiliki varians data yang homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis parametris uji beda (uji-t) diperoleh thitung (0,038) lebih kecil daripada ttabel (2,021) pada taraf signifikan 5% sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar kimia materi ikatan kimia hasil pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Turnament) antara yang menggunakan media Chemistry Board dengan media kartu pada siswa kelas X SMAN 1 Praya Barat Daya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): TGT, Chemistry Board, Kartu, Ikatan Kimia.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:50
Last Modified: 06 Jul 2018 00:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5255

Actions (login required)

View Item View Item