PENGARUH MODEL INKUIRI TERINTEGRASI STAD (INSTAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KOLOID SISWA KELAS XI IPA SMAN 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

Najmun, Nurul (2016) PENGARUH MODEL INKUIRI TERINTEGRASI STAD (INSTAD) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KOLOID SISWA KELAS XI IPA SMAN 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL NURUL NAJMUN.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk posttest only non-equivalent control group design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terintegrasi STAD (INSTAD) terhadap hasil belajar kimia materi koloid siswa kelas XI IPA SMAN 8 Mataram. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas XI IPA 3 terpilih sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah, diskusi dan tanya jawab) sedangkan kelas XI IPA 4 terpilih sebagai kelas eksperimen dan diajar menggunakan model INSTAD. Data hasil belajar dikumpulkan dari hasil posttest setelah siswa mempelajari materi koloid. Hasil posttest menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,51, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 47,58. Dari uji hipotesis nonparametris Mann Whitney U-Test diperoleh nilai Zhitung (4,99) lebih besar daripada nilai Ztabel (1,99) pada taraf signifikan 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu model pembelajaran INSTAD memberikan pengaruh signifikan yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kimia materi koloid pada siswa kelas XI IPA SMAN 8 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model INSTAD, Inkuiri, Student Teams-Achievement Divisions (STAD), Koloid.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 03:37
Last Modified: 06 Jul 2018 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5269

Actions (login required)

View Item View Item