LOLITA, LUSI (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI KOLOID PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
LUSI LOLITA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar kimia materi koloid pada siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kelas XI IPA 7 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dan kelas XI IPA 6 terpilih sebagai kelas kontrol diajar menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah dan tanya jawab). Data prestasi belajar dikumpulkan dari hasil posttest setelah siswa memperoleh materi pelajaran koloid. Hasil posttest menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,89, sedangkan kelas kontrol sebesar 68,42. Dari hasil uji normalitas diperoleh χ2 hitung (21,52 untuk kelas kontrol dan 12,66 untuk kelas eksperimen) > χ2 tabel (12,592) yang berarti bahwa data pada kedua kelas tidak terdistribusi normal, sehingga dilakukan uji hipotesis nonparametris Mann Whitney U-Test dan diperoleh Zhitung (3,39) lebih besar daripada Ztabel (1,645) pada taraf signifikan 5% yang menunjukkan hipotesis penelitian diterima, yaitu pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar kimia materi koloid pada siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Inkuiri Terbimbing, Koloid xv |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 06 Jul 2018 03:36 |
Last Modified: | 06 Jul 2018 03:36 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5273 |
Actions (login required)
View Item |