PENGARUH PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KOLOID PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

ASTUTI, DIAH TRI (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KOLOID PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAH TRI ASTUTI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental (eksperimen semu) menggunakan Post-test Only Non Equivalent Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran praktikum berbasis penemuan terbimbing terhadap hasil belajar kimia materi koloid pada siswa di kelas XI IPA SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sampai kelas XI IPA 7 SMAN 7 Mataram sebanyak 264 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan nilai rata-rata ujian tengah semester genap tahun ajaran 2014/2015 dan terpilih dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 (kelas kontrol) dan kelas XI IPA 4 (kelas ekperimen). Pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional (ceramah) sedangkan kelas ekperimen diberi perlakuan pembelajaran praktikum berbasis penemuan terbimbing (guided discovery). Data hasil belajar kognitif diperoleh melalui tes tertulis (post test) yang dianalisis menggunakan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 71,59 dengan ketuntasan klasikal 36,36% sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 75,45 dengan ketuntasan klasikal 48,65%. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung(1,429)<ttabel(2,000), yang berarti Ha pada penelitian ini ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran praktikum berbasis penemuan terbimbing (Guided Discovery) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar materi koloid pada siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Koloid, Pembelajaran Praktikum Berbasis Penemuan Terbimbing (Guided Dicovery).
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 03:35
Last Modified: 06 Jul 2018 03:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5274

Actions (login required)

View Item View Item