PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) DAN PENGARUH PENERAPANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X PADA MATERI STOIKIOMETRI DI SMAN 2 LABUAPI LOMBOK BARAT

BUDIAWATI, KADEK AYU (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) DAN PENGARUH PENERAPANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X PADA MATERI STOIKIOMETRI DI SMAN 2 LABUAPI LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
isi skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran kimia berbasis ICT (Information and Communication Technology) dan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran kimia berbasis ICT (Information and Communication Technology) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X pada materi stoikiometri di SMAN 2 Labuapi Lombok Barat. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen menggunakan desain Postet-Only Nonequivalent Control Group Design. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan komputer dengan pernagkat keras (hardware) berupa LCD dan perangkat lunak (software) menggunakan macromedia flash professional 8. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran kimia berbasis ICT yang dibuat dengan bantuan aplikasi macromedia flash dengan kualifikasi baik (89%) dari ahli media, berkualifikasi sangat baik (95,6%) ahli materi dan kualifikasi baik (80%) dari siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa penerapan media pembelajaran kimia berbasis ICT (Information and Communication Technology) diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol masing-masing adalah 80,28 untuk kelas ekaperimen dan 30 untuk kelas kontrol dengan ketuntasan klasikal 100% untuk kelas eksperimen dan 15% untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U (U-test) didapatkan hasil Uhitung < Utabel (24<100), sehingga Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran kimia berbasis ICT (Information and Communication Technology) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi stoikiometri di SMAN 2 Labuapi Lombok Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran Kimia, ICT (Information and Communication Technology), Model ADDIE, Mann-Whitney U.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 03:36
Last Modified: 06 Jul 2018 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5277

Actions (login required)

View Item View Item