PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN PADA SISWA KELAS XI IPA SEMESTER II SMAN 2 PRAYA TAHUN AJARAN 2013/2014

PERMATASARI, BAIQ SINTA DWI (2014) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN PADA SISWA KELAS XI IPA SEMESTER II SMAN 2 PRAYA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar kimia pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan pada siswa kelas XI IPA semester II SMAN 2 Praya tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan merupakan quasi eksperimental dengan design penelitian post-test only control design. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas XI IPA 1 (kelas kontrol) dengan menggunakan metode ceramah dan kelas XI IPA 2 (kelas eksperimen) menggunakan metode resitasi. Berdasarkan hasil post-test pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata adalah 56,433 dengan ketuntasan klasikal 6,67% sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata adalah 58,17 dengan ketuntasan klasikal 23,33%. Hasil analisis data dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh harga thitung = 0,483 < ttabel = 1,672 pada α = 5% sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya bahwa penggunaan metode resitasi tidak memberikan pengaruh yang lebih baik daripada metode ceramah terhadap hasil belajar kimia pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan pada siswa kelas XI IPA semester II SMAN 2 Praya tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode resitasi, hasil belajar kimia, dan kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 03:36
Last Modified: 06 Jul 2018 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5280

Actions (login required)

View Item View Item