PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 GUNUNG SARI

PURWASI, LISA (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 GUNUNG SARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental (eksperimen semu) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kimia berbasis literasi sains dan teknologi pada materi pokok laju reaksi terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gunung Sari. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sampai XI IPA 4. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik simple random sampling, dengan menggunakan nilai ulangan harian siswa materi pokok termokimia sebagai data awal. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran kimia berbasis literasi sains dan teknologi, sedangkan pada kelas kontrol berupa pembelajaran dengan metode ceramah. Data prestasi belajar diperoleh melalui tes tertulis (post test) yang dianalisis menggunakan uji homogenitas (uji F) dan uji beda (uji t). Hasil perhitungan menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 72,96 dengan ketuntasan 59,25% sedangkan untuk kelas kontrol 33,6 dengan ketuntasan 0%. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (16,96 > 1,671). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kimia berbasis literasi sains dan teknologi pada materi pokok laju reaksi memberikan pengaruh yang lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gunung Sari Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): literasi sains dan teknologi, prestasi belajar, laju reaksi.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 03:36
Last Modified: 06 Jul 2018 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5281

Actions (login required)

View Item View Item