KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN KOLOID DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2012/2013

Sativa, Dhita Fajriastiti (2013) KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN KOLOID DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Jurnal Skripsi.docx

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia pokok bahasan koloid menggunakan media kartu dengan media papan flanel pada siswa kelas XI SMAN 1 Gunungsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gunungsari yang berjumlah 4 kelas, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas, dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Kelas XI IPA 3 menggunakan media papan flanel dan kelas XI IPA 4 menggunakan media kartu. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa (ranah kognitif dan afektif) adalah soal pilihan ganda dan lembar observasi siswa. Hasil belajar ranah afektif yang dianalisis secara kuantitatif menunjukkan pengaruh yang positif terhadap siswa. Data hasil belajar ranah kognitif dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji-t polled varians. Perhitungan statistik uji-t didapatkan nilai thitung > ttabel yaitu 3,40 > 1,994, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia pokok bahasan koloid menggunakan media kartu dengan media papan flanel pada siswa kelas XI SMAN 1 Gunungsari, media kartu lebih baik untuk pembelajaran koloid daripada media papan flanel.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Papan Flanel, Media Kartu , Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:58
Last Modified: 09 Jul 2018 02:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5287

Actions (login required)

View Item View Item