PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF BENAR SALAH BERANTAI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK TERMOKIMIA SISWA KELAS XI IPA MAN 1 MATARARAM TAHUN AJARAN 2013/2014

Agristina, Rini Putri (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF BENAR SALAH BERANTAI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK TERMOKIMIA SISWA KELAS XI IPA MAN 1 MATARARAM TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL RINI PUTRI A (E1M009033).doc

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif benar salah berantai terhadap hasil belajar kimia materi pokok termokimia siswa kelas XI IPA MAN 1 Mataram tahun ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yaitu XI IPA1, XI IPA2, XI IPA3. Sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA1 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran aktif benar salah berantai dan pada kelas kontrol dengan metode ceramah. Hasil penelitian manunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen = 74,8 dengan ketuntasan klasikal 60,86% dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol = 71,6 dengan ketuntasan klasikan 40%. Hasil uji-t pada taraf signifikan 5% diperoleh t-hitung < t-tabel yaitu 0,937 < 1,678 yang berarti Ho penelitian ini yang diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran aktif benar salah berantai tidak memberikan pengaruh lebih baik secara signifikan terhadap hasil belajar kimia materi pokok termokimia siswa kelas XI IPA MAN 1 Mataram tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Aktif Benar Salah Berantai, Termokimia, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:56
Last Modified: 09 Jul 2018 02:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5289

Actions (login required)

View Item View Item